Jumat, 08 Mei 2015

Bunda, inilah tanda-tanda anak anda kecanduan Gadget


Teknologi memang harus diakui merupakan hal yang sangat menarik untuk saat ini. Perkembangannya begitu cepat dalam beberapa tahun belakangan, terutama dalam hal gadget. Pesatnya perkembangan gadget ini selain membawa banyak manfaat, juga membawa banyak hal-hal negatif. Sifat adiktif luar biasa yang ditimbulkan oleh gadget-gadget tersebut (dan saya yakin bahwa banyak diantara kita yang pernah mengalaminya) sudah barang tentu akan menimbulkan dampak negatif kepada anak-anak kita. Selain dapat mengganggu kesehatan mata karena terlalu banyak memandangi layarnya, akhir-akhir ini juga muncul banyak opini (dan juga bukti) bahwa terlalu banyak “berurusan” dengan gadget juga berpotensi menimbulkan sifat antisosial dan beberapa gangguan psikologis. Karena itulah, demi membantu anda mencegah dampak negatif ini dari anak-anak, berikut ini kami sampaikan beberapa tanda yang mungkin timbul jika si buah hati kecanduan gadget:

1. Marah atau mood nya berubah menjadi buruk ketika ia diganggu saat bermain gadget ataupun ketika ia tidak diperbolehkan bermain

2. Penggunaan internet mengganggu aktivitas sehari-hari, seperti membuatnya enggan pergi ke sekolah, makan, beribadah, dll.

3. Merasa stress ketika tidak memegang gadget

4. Memiliki Obsesi yang berlebihan dengan teknologi, serta terus menerus berbicara tentang gadgetnya

5. Sulit berkonsentrasi di sekolah dan ketika ia melakukan pekerjaan rumah

6. Kurangnya minat dalam kegiatan lainnya, terutama pada kegiatan yang dapat mempengaruhi kegiatan sosialnya

7. Tidak segan untuk berbohong supaya ia mendapat tambahan waktu bermain dengan gadgetnya

8. Mengalami gangguan tidur, dan bahkan rela begadang demi bermain

Jika buah hati anda mengalami tanda-tanda tersebut, maka dapat dimungkinkan bahwa ia memang telah mengalami kecanduan dengan gadgetnya. Maka dari itulah, sebagai orangtua tentunya kita harus memberikan kontrol, supaya anak-anak tidak mendapatkan dampak negatif dari gadget-gadget tersebut.