Sabtu, 09 Mei 2015

Cara jitu menghentikan kecanduan belanja



Belanja merupakan hal yang mengasyikkan, apalagi jika kita berbelanja barang-barang yang kita sukai. Jika boleh memilih, hampir setiap orang tentu ingin bisa membelanjakan seluruh uangnya demi mendapatkan barang-barang yang mereka inginkan. Namun di sisi lain, kegiatan belanja yang menyenangkan ini dapat menimbulkan kecanduan bagi banyak orang. Hal ini tentu tidak baik, karena tentunya kita juga harus memikirkan kebutuhan lain yang bahkan bisa lebih penting dari barang yang ingin kita beli. Dan untuk menghentikan kecanduan belanja, berikut ini kami sediakan beberapa tips untuk anda:

1. Berbelanjalah dengan menggunakan kartu debit. 
Salah satu cara yang paling efektif untuk menyiasati kecanduan belanja adalah dengan membeli barang-barang menggunakan bentuk pembayaran yang langsung memotong uang dari rekening anda. Usahakan untuk tidak menggunakan kartu kredit kecuali untuk keadaan darurat. Hal ini baik untuk anda, karena anda akan tahu sisa uang anda sehingga anda dapat lebih mengatur pengeluaran.

2. Isilah waktu luang anda
Kebanyakan kasus kecanduan dimulai ketika seseorang sedang mencoba untuk mengisi kekosongan dalam hidup mereka. Dan maka dari itu, cobalah untuk mengisi waktu luang anda demi menekan kecanduan belanja anda.

3. Jangan terlalu sering membuka toko online
Mengapa? Karena seperti yang kita ketahui, toko online selalu memiliki barang-barang menarik yang mereka tampilkan dalam display mereka disertai dengan harga yang menarik. Hal ini tentu akan berdampak buruk bagi anda yang ingin menghentikan kecanduan belanja anda.

4. Ganti berbelanja dengan olahraga. 
Banyak shopaholic yang pulih dari kebiasaan buruk mereka ini dengan berolahraga. Selain baik untuk menghentikan kecanduan belanja anda, berolahraga juga dapat menyehatkan anda.

5. Dan saran yang terakhir, buanglah jauh-jauh kartu kredit anda. :D

Jadi, siapkah anda untuk berhenti boros?

Tekan like & share jika anda menyukai tulisan kami :)