Jumat, 08 Mei 2015

Tips dan Cara menjaga ginjal anda tetap sehat


Kesehatan ginjal merupakan hal yang sangat penting, tidak peduli berapapun umur anda. Bahkan, hal ini akan menjadi jauh lebih penting lagi ketika Anda sudah semakin bertambah tua. Ginjal merupakan organ yang penting bagi tubuh Anda sehingga anda harus menjaganya supaya tetap sehat. Berikut ini kami sajikan beberapa cara yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan ginjal.

1 Menghentikan kebiasaan yang tidak sehat. 
Hal yang dimaksudkan disini adalah hal-hal seperti merokok, minum minuman selain air putih, dan mengkonsumsi banyak jenis obat-obatan. 

2 Aturlah pola makan yang sehat. 
Makan sehat merupakan hal yang penting, tidak hanya untuk ginjal Anda, tapi untuk jantung, paru-paru, otak dan organ tubuh lainnya . Berikut ini beberapa jenis makanan yang bisa anda jadikan pilihan: 
Buah - jeruk, pisang, apel 
Sayuran - wortel, selada, brokoli, kacang polong 
Ikan - ikan tuna, kakap 
Daging - tapi tidak banyak

3 Jagalah berat badan Anda.
Perhatikan berat Anda, dan jika Anda kelebihan berat badan, maka turunkanlah berat badan anda. Tubuh Anda, termasuk ginjal, akan tetap sehat jika anda tetap menjaga berat badan anda. 

4 Perhatikan asupan gula Anda.
Cari tahu bagaimana asupan gula yang tepat untuk kisaran usia anda dan cobalah untuk menjaga konsumsi gula tetap dalam kisaran tersebut. Anda diperbolehkan untuk memakan makanan manis, namun tetaplah atur porsinya. 

5 Olah Raga yang cukup. 
Olah raga dapat membantu untuk menjaga darah Anda terus mengalir dan membuat ginjal Anda tetap sehat. Buatlah rencana olah raga anda untuk setiap minggunya. Cukup lakukan olah raga ringan bila anda tidak sanggup melakukan olah raga berat. Yang terpenting adalah lakukan olah raga setiap hari.