Sabtu, 09 Mei 2015

Punya Masalah Keuangan? Inilah cara mengatasinya



Uang. Ya, hal yang satu ini memang acapkali menjadi polemik tersendiri bagi kebanyakan orang. Menjadi alat tukar resmi yang beredar di masyarakat, keberadaan uang di dalam kehidupan kita tentu saja menjadi hal yang sangat vital. Peran uang yang vital dalam kehidupan inilah yang membuat setiap orang yang memiliki masalah terhadapnya kerap menjadi pusing tujuh keliling. Namun jangan khawatir, karena berikut ini kami sediakan beberapa tips yang dapat membantu anda mengatasi masalah keuangan anda.


Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah mengidentifikasi masalah. Berikut ini langkah-langkahnya

1. Amatilah pola anda dalam menggunakan uang dan tanyakanlah kepada diri anda sendiri: Sudahkah saya menggunakan uang saya dengan bijak? Jika jawabannya belum, maka inilah saatnya bagi anda untuk memperbaikinya

2. Mengidentifikasi penyebab masalah keuangan Anda. 
Ini merupakan langkah penting. Apa yang menyebabkan masalah dalam keuangan Anda? Buatlah daftar masalah yang Anda temukan. Setelah Anda mengidentifikasi masalah Anda, hal yang harus Anda lakukan adalah memikirkan solusinya. 

3. Prioritaskan masalah yang Anda miliki di daftar Anda. Berikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan dan bekerja pada mereka satu per satu. Jika pertanyaannya adalah “apakah gaji saya kurang?”, maka jawabannya adalah “saya harus mencari pekerjaan tambahan penghasilan”. Jika pertanyaannya adalah “apakah saya terlalu boros?” maka yang perlu anda lakukan adalah mengurangi pengeluaran anda. Dan jika anda tidak menemukan masalah apapun, mungkin jawabannya adalah anda kurang bersedekah.

Langkah kedua? Kerjakan solusinya. Berikut ini kami sajikan beberapa saran yang dapat menunjang solusi anda

1. Perhatikan semua pengeluaran serta pemasukan anda. Buatlah sebuah file excel tentang laporan keuangan anda sendiri jika perlu.

2. Urutkan skala prioritas yang harus anda penuhi. Usahakan untuk tidak membelanjakan uang anda jika skala prioritas anda belum terpenuhi.

3. Selalu ingat bahwa uang yang anda miliki bukan hanya untuk anda. Pikirkan juga tentang kebutuhan keluarga, termasuk istri/suami, anak-anak, serta kerabat lain.

4. Bayarlah tagihan pokok tepat waktu. Jangan lupa selalu sisihkan uang sebagai cadangan.

5. Perbanyaklah bersedekah :)