Jumat, 08 Mei 2015

Inilah Cara supaya anak anda berselancar dengan aman di Internet


Pada era modern seperti saat ini, internet bukanlah hal yang asing untuk kita temui. Bahkan beberapa tahun belakangan, penggunaan internet, utamanya di Indonesia mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Diproyeksikan oleh APJII, pengguna Internet di Indonesia mengalami pertumbuhan yang luar biasa, yakni dari angka 82 juta pada tahun 2013, kini penggunanya telah mencapai angka 139 juta, atau naik sebanyak 57 juta dalam kurun waktu 3 tahun! Dengan banyaknya dampak negatif yang sangat mungkin ditimbulkan oleh internet terutama pornografi, tentunya para orangtua harus memiliki langkah tepat supaya anak-anak tidak tercemar oleh dampak negatif internet. Dan berikut ini kami sajikan beberapa langkah yang dapat anda lakukan untuk menjaga anak anda tetap aman dari dampak negatif ketika menggunakan internet:

1. Lakukanlah pendekatan kepada anak-anak anda
Salah satu cara terbaik untuk menjaga anak anda dari dampak negatif internet adalah dengan berbicara dengan anak anda. Selalu luangkan sedikit waktu anda untuk mendampingi mereka ketika menggunakan internet. Berikan pengertian kepada mereka tentang hal-hal yang sebaiknya dijauhi ketika berselancar di dunia maya serta berikan alasan kuat mengapa mereka harus menjauhinya. Dan hal yang paling penting untuk dilakukan dari langkah ini adalah jangan membuat anak anda merasa dibatasi, karena semakin mereka merasa dibatasi, semakin muncul pula keinginan untuk memberontak di dalam benak mereka.

2. Buatlah kesepakatan dengan anak anda
Menciptakan kesepakatan dengan anak anda merupakan langkah yang berguna. Hal ini dapat mencakup waktu yang boleh dihabiskan untuk online, situs yang bisa dikunjungi, dan hal apa saja yang boleh dilakukan di Internet.

3. Berikan pengertian kepada anak anda
Lakukan supaya tidak memberikan informasi pribadi seperti alamat rumah dan nomor telepon kepada orang yang tidak mereka kenal.

4. Filter situs serta kata kunci yang dapat diakses dari komputer anda dan mereka
Langkah ini adalah salah satu yang paling efektif untuk mencegah anak-anak anda membuka konten negatif (setidaknya untuk tidak diakses dari rumah anda). Anda dapat menggunakan beberapa software gratis untuk melakukan hal ini. Dan jika anda tidak terlalu paham untuk menggunakannya, anda bisa mencari banyak tutorial penggunaan software tersebut di internet dan apabila anda masih bingung, anda dapat meminta pertolongan dari orang terdekat anda yang lebih paham tentang urusan IT.